Kami bergerak di bidang kerjasama dan jual-beli berbagai macam bibit minyak wangi, baik yang import maupun yang lokal, yang biasa di gunakan sebagai sarana pengharum, asma', hikmah dan mistik

Senin, 21 Mei 2012

Aroma Terapi Untuk Kecantikan

 Tak seorangpun menyukai kulit kasar, berbintik-bintik, kulit kepala berketombe, kulit kering, rambut kusam, dan muka berjerawat. Dengan aromaterapi, upaya menjaga dan merawat kecantikan kulit sehari-hari dapat menjadi suatu hal yang menyenagkan. Hanya dengan sedikit waktu, anda dapat memiliki kulit halus, lembut dan segar berseri, serta rambut yang indah. Penggunaan minyak asiri pada kulit juga akan meresap ke dalam tubuh, masuk kedalam pembuluh darah kapiler, dan akan terdistribusi ke seluruh jaringan tubuh sehingga dapat menyehatkan organ lainnya dalam tubuh.
 
Campuran Pelembab Wajah
            Untuk menjaga kelembapan kulit dapat digunakan campuran berikut.
Formula
3 tetes minyak lavender              3 tetes minyak daun ambre
6 sdm minyak pembawa             3 tetes minyak kenanga
 (minyak bunga matahari,            3 tetes minyak jeruk orange
   alpukat, atau apricot)

Lotion Wajah
            Wajah kusam dan tidak berseri kadang memang sangat mengganggu rasa percaya diri. Berikut adalah formula yang dapat digunakan sebagai lotion  wajah sehari-hari.
Formula
20 tetes minyak cendana
½ sdm air rose
2,5 sdm butter cokelat
Penggunaan
            Tempatkan campuran tersebut dalam sebuah botol yang bersih, lalu aduklah sampai rata. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, tambahkan 2 tetes minyak rose. Lotion ini dapat mengatasi masalah kulit kering dan dapat menghilangkan garis di bawah mata. Gunakan lotion ini 2 kali sehari, yaitu pagi sebelum memakai make up dan malam sebelum tidur.

Mengatasi Jerawat
            Jerawat merupakan problem biasa yang dapat menimbulkan penyakit yang menodai keindahan dan kahelusan kulit. Jerawat sering muncul pada usia remaja. Hal ini menyangkut kelenjar sebaseous dalam kulit yang mengeluarkan sebum (pelicin) untuk kantong rambut (pilocebaceous follicles) dan seluruh kulit. Kelenjar ini lebih banyak terkonsentrasi pada wajah, punggung, bahu, dan dada.
            Penyebab jerawat sangat kompleks. Faktor penting yang mempengaruhi timbulnya jerawat adalah sebagai berikut.
  1. Kecenderungan ginetik : faktor keturunan merupakan salah satu penyebab utama timbulnya jerawat.
  2. Perubahan gormonal pada masa remaja : perangsangan kelenjar sebaseous terjadi secara bersamaan dengan produksi hormon androgen (hormon seks) pada masa remaja.
  3. Iritasi eksternal
  4. Makanan
            Perangsangan oleh hormon androgen akan menyebabkan 1) meningkatnya jumlah sekresi minyak sehingga kulit kelihatan mengkilat, 2) banyak lemak menumpuk di kantung rambut, 3) terjadinya perubahan keadaan kulit yang memicu berkembangnya bakteri, terutama bakteri Propionibacetrium acne, 4) menimbulkan gangguan pada kelenjar sebaseous akibat menumpuknya lemak pada kantung rambut, 5) berkembangnya reaksi peradangan.
            Untuk mengatasi masalah ini dapat digunakan campuran minyak asiri berikut.
Formula
8 tetes minyak tea tree                       4 tetes minyak lavender
6 tetes minyak jeruk bergamot            2,25 liter minyak jojoba
Penggunaan
            Campurkan formula tersebut di dalam suatu botol yang bersih. Aduk dulu dengan sempurna tersebut sebelum digunakan. Oleskan minyak ini pada wajah setiapmalam, yaitu sekitar 1½ jam sebelum tidur. Campuran minyak tersebut juga dapat digunakan untuk memijat wajah. Untuk cara ini, balurkan minyak tersebut ke seluruh wajah lalu pijat dengan cara memutar. Untuk jenis jerawat yang menonjol, pemijatan (terutama di sekitar benjolan jerawat) harus dilakukan hari-hati karena tekanan yang kuat pada benjolan tersebut dapat memperburuk keadaan. Bantuan pijatan pada wajah ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengeluarkan racun.
            Untuk penggunaan siang hari, anda dapat mencampur formula dengan krim tanpa bau. Gunakan sampai anda benar-benar telah bebas dari jerawat. Pada penggunaan siang hari, bagian wajah tidak boleh terkena cahaya matahari langsung karena minyak jeruk bergamot yang terdapat pada campuran tersebut berubah menjadi toksis sehingga kulit akan terasa perih dan kemudian memerah bahkan bisa melepuh. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya anda memilih minyak jeruk bergamot yang bebas bergaptena sehingga efek tersebut dapat dihilangkan.
Perhatian :
1. Jerawat buka disebabkan oleh kulit yang kotor dan tidak selalu dapat dihilangkan dengan cara mencucinya.
2. Ketidakseimbangan hormon atau zat kimia dalam tubuh menyebabkan minyak pada kulit memedat dan membentuk ujung yang berwarna hitam.
3. Jerawat tidak berhubungan dengan aktivitas seksual.
4. Hindarkan tangan dari wajah dan pergesekan tangan dengan kulit wajah.
5. Jangan memencet jerawat karena akan membuat jerawat masuk kedalam kulit dan mungkin juga akan menyebabkan pecahnya kantong rambut.
6. Jauhkan rambut dari wajah. Sebaiknya rambut dicuci setiap hari.
7. Hindarkan penggunaan kosmetikyang mengandung bahan kimia sintetik.

Penyegar dan Pembersih Wajah
            Bersihkan kulit dengan kombinasi tepung jagung dan tepung gandum dengan perbandingan 1 : 1. 1 sendok makan campuran tepung tersebut ditambahkan dengan 1 tetes minyak asiri jeruk orange. Ambil sedikit campuran tepung yang telah mengandung minyak jeruk lemond tersebut dan campurkan dengan air ditelapak tangan. Balurkan campuran tersebut ke seluruh wajah dengan diikuti pijatan lembut secara melingkar, terutama pada daerah yang pori-porinya tersumbat. Campuran alami ini akan menghilangkan sel kulit mati dan akan mengembalikan keasrian kulit yang pudar.
            Selain itu dapat juga digunakan pembersih wajah dengan formula berikut.
Formula
15 tetes minyak lemon  10 tetes minyak jeruk bergamot
3 tetes minyak kenanga            1 sdm garam laut (garam dapur)
4 sdm tepung gandum               2 sdm bath gel
Penggunaan
            Campurkan seluruh bahan tersebut dalam suatu wadah dan aduk sampai rata. Formula ini merupakan pembersih wajah yang lembut, terutama untuk jenis kulit berminyak. Aromanya menyegarkan dan dapat membuat kulit lebih halus dan lembut.

Tonik untuk Kulit Normal
            Jenis kulit normal adalah jenis kulit yang sehat sehingga hanya perlu tonik untuk menjaga keseimbangannya. Formulanya sebagai berikut.
Formula 1 (semprotan untuk wajah)
6 tetes minyak lavender                       1 tetes minyak chamomile
1 tetes minyak clary sage                    4 tetes minyak jeruk lemon
Penggunaan
            Tambahkan masing-masing minyak asiri tersebut bersama 200 g (200 ml) air destilat ke dalam botol semprotan yang bersih. Karena minyak asiri memiliki sifat yang tidak dapat bercampur dengan air maka sebelum disemprotkan harus di kocok dahulu. Sebelum menggunakan formula ini, kulit wajah dibersihkan terlebih dahulu.
            Untuk menjaga kesehatan kulit dapat digunakan campuran sebagai berikut.
Formula 2 (untuk dioleskan)
4 sdm hazel                              5 tetes minyak kenanga
2 sdm juice lidah buaya             5 tetes minyak jeruk orange
2 sdt gilserin                             3 ons minyak pembawa (minyak bunga
5 tetes minyak lavender              matahari, alpokar, almond, apricot atau
5 tetes minyak daun ambre         minyak olive)
Penggunaan
            Campuran tersebut dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit pada wajah, leher, tangan, kaki, dan bagain tubuh lainnya yang dianggap perlu. Oleskan campuran minyak tersebut secara merata di atas permukaan kulit. Akan lebih baik jika usapan tersebut lebih cepat meresap ke dalam kulit.

Krim Pelembap untuk Kulit Kering
            Kulit memperoduksi emolien pelindung yang disebut dengan sebum. Apabila tubuh tidak cukup memperoduksi sebum maka kulit menjadi kering, gatal-gatal, dan mengelupas. Minyak asiri yang memiliki sifat tidak terlalu gampang menguap, seperti minyak nilam, minyak cendana, minyak rose, dan minyak kenangamerupakan bahan yang cocok untuk membuat krim pelembap. Formula sederhana untuk krim ini adalah sebagai berikut.
Formula
10 tetes minyak rose                  5 tetes minyak lavender
8 sdm minyak almon                  4 tetes minyak bergamot
6 sdm air rose (air mawar)           8 tetes minyak nilam
1 sdm lilin lebah                         8 tetes minyak cendana
Penggunaan
Panaskan lilin lebah bersama dengan minyak almond dalam suatu wadah yang bersih, lalu dinginkan. Tambahkan air rose dan aduklah sampai rata sambil dipanaskan kemudian dinginkan kembali. Setelah dingin, tambahkan campuran minyak asiri tersebut.

Lotion Kulit Tangan
            Berbagai kegiatan sehari-hari dapat membuat tangan menjadi kering dan bahkan terkelupas. Untuk itu, gunakan lotion  khusus yang dapat diramu sendiri dengan formula sebagai berikut.
Formula
10 tetes minyak nilam
10 tetes minyak lavender
4 sdm lotion butter cokelat tak berbau
Penggunaan
            Taruh Lotion butter  cokelat dalam sebuah botol yang bersih, lalu teteskan kedua jenis minyak asiri tersebut kemudian aduklah sampai rata. Lotion ini dapat mengatasi kulit tangan yang kering, terkelupas dan bersisik. Dalam waktu 3 – 4 hari pemakaian sudah dapat dirasakan khasiatnya. Kulit tangan secara berangsur menjadi halus dan lembut.

Masker untuk Kulit Wajah Berminyak
            Kelenjar sebaseous yang hiperaktif akan menghasilkan kulit berminyak. Kulit yang berminyak perlu dibersihkan secara teratur untuk menghalangi terjadinya penymbatan pori-pori. Formul berikut digunakan masker yang dapat mengecilkan pori-pori untuk membantu mengurangi efek samping dari kelebihan minyak.
Formula
10 tetes minyak lavender            5 tetes minyak bergamot
3 sdm tepung gandum                3 tetes minyak clary sage
3 sdm tepung almond
Penggunaan
            Aduklah tepung gamdum dan tepung almond sampai rata, lalu tambahkan masing-masing minyak asiri tersebut secara bergiliran kemudian aduklag sempurna. Tambahkan air rose atau air bunga jeruk orange secukupnya sambil diaduk hingga membentuk pasta. Balurkan pasta tersebut ke seluruh wajah sambil dilakukan pijatan secara melingkar. Biarkan selama 10 – 15 menit, lalu cucilah dengan air hangat. Terakhir, wajah dibilas dengan air dingin sehingga pori-pori akan mengecil.

Mencegah Kulit Terbakar Sinar Matahari
            Iklim di Indonesia dapat membuat kulit terasa perih terbakar sinar matahari. Bahkan dapat menimbulkan kulit menjadi merah dan berwarna gelap. Hal yang lebih parah dapat membuat kulit menjadi mati dan terkelupas. Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan formula berikut.
Formula
9 tetes minyak lavender
2 tetes minyak peppermint
1 tetes minyak spearmint
Penggunaan
            Tambahkan minyak asiri tersebut dengan 200 g air destilat dan tempatkan dalam botol semprotan. Jika sewaktu-waktu anda lebih banyak terpapar sinar matahari, gunakanlah semprotan ini untuk menjaga kesehatan kulit.

Pewangi Rambut
            Makanan, obat-obatan, dan faktor lain dapat membuat rambut menjadi berbau tak sedap dan apek. Anda dapat menggunakan campuran berikut.
Formula
2 tetes minyak nilam                 2 tetes minyak jeruk orange
2 tetes minyak jasmin               2 tetes minyak lavender
2 tetes minyak rose                  2 tetes minyak daun ambre
2 tetes minyak rosemary           2 tetes minyak clary sage
Catatan : Formulasi campuran dapat diubah sesuai dengan aroma yang diinginkan.
Penggunaan
            Teteskan 3 – 4 tetes campuran tersebut ke sisir yang digunakan untuk menyisir rambut.

Kondisioner Rambut
            Rambut kusam menjadikan penampilan kurang luwes dalam pergaulan. Agar rambut menjadi indah dan bercahaya, formula kondisioner rambut berikut ini dapat digunakan.
Formula
15 tetes minyak daun ambre     4 sdm dasar kondisioner rambut (dapat
10 tetes minyak rosewood           juga diganti dengan kondisioner rambut
1 sdm minyak jojoba                  yang umum, tetapi usahakan uang tidak
                                                 berbau).
Formula 2
25 tetes minyak jeruk lemon                  1 sdm minyak jojoba
8 tetes minyak teh kembang                  4 sdm dasar kondisioner rambut
 (german chamomile)
Penggunaan
            Tempatkan campuran bahan tersebut dalam botol yang bersih lalu aduklah sampai rata. Kedua formula tersebut memiliki aromayang menyenangkan. Ambil sedikit campuran kondisioner tersebut, usapkan di kedua belah telapak tangan lalu usapkan ke rambut selagi basah. Biarkan beberapa saat, barulah rambut dicuci kembali lebih bagus jika tidak usah dicuci lagi.

Merangsang Pertumbuhan Rambut
            Rambut rontok merupakan masalah yang sering kali membuat frustasi dalam penampilan. Untuk mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut, gunakan formula berikut.
Formula
30 tetes minyak cendana                        20 tetes minyak cedarwood
25 tetes minyak rosemary                      200-250 ml minyak jojoba
20 tetes minyak timi
Penggunaan
            Balurkan campuran tersebut pada kulit kepala dengan disertai pijatan lembut. Lakukan hal ini setiap hari. Hasil penelitian ilmiah memperlihatkan bahwa penggunaan kelima jenis minyak tersebut dapat merangsang pertumbuhan rambut sebanyak 81% dalam waktu enam bulan.

Shampo
            Terkadang sampo yang dijual di pasaran tidak cocok ataumerusak dan kulit kepala jika terlalu sering digunakan. Untuk penggunaan setiap hari dibutuhkan sampo yang tidak terlalu kuat seperti formula berikut.
Formula
10 tetes minyak cedarwood                    1 sdm minyak jojoba
10 tetes minyak rosemary                      4 sdm sampo bayi
Penggunaan
            Keempat jenis bahan tersebut dicampur dan diaduk dengan sempurna. Sampo ini sangat baik untuk wanita maupun pria, dapat memacu pertumbuhan rambut, dan membantu rambut indah bercahaya. Wanita hamil, penderita epilepsy, dan penderita gangguan jantung sebaiknya tidak menggunakan sampo ini.

Mengatasi Bau Mulut
            Bau mulut yang tak sedap dapat mempengaruhi penampilan seseorang dalam pergaulan sehari-hari. Untuk mengatasinya, gunakan formula berikut.
Formula
10 – 12 tetes minyak peppermint            4 sdt gliserin cair
atau spearmint                                     12 sdm air
15 – 20 tetes alcohol 70%                                        
1 sdt gel lidah buaya murni
Penggunaan
            Didihkan campuran air, alcohol, gliserin, dan gel lidah buaya lali dinginkan 5 – 10 menit. Tambahkan minyak peppermint atau spearmint dan biarkan selama setengah jam, lalu masukkan ke dalam botol. Gunakan formula ini untuk mencuci mulut atau berkumur sesering mungkin sesuai selera anda.