Kami bergerak di bidang kerjasama dan jual-beli berbagai macam bibit minyak wangi, baik yang import maupun yang lokal, yang biasa di gunakan sebagai sarana pengharum, asma', hikmah dan mistik

Senin, 21 Mei 2012

Aroma Terapi Untuk Problem Fisik

Walaupun satu jenis minyak asiri tunggal dapat memberikan berbagai macam manfaat, tetapi penggunaan campuran beberapa jenis minyak asiri akan lebih meningkatkan manfaat yang bisa diperoleh. Untuk itu, berikut ini diuraikan manfaat dari campuran beberapa jenis minyak asiri untuk berbagai problem fisik. Dalam campuran ini sering ditambahkan minyak pembawa.
  
Antiselulit
            Selulit adalah terjadinya penumpukan lemak di bawah lapisan kulit sehingga kulit terlihat bergelombang. Selulit timbul karena terjadinya perubahan sirkulasi darah dan limfa yang menyebabkan perubahan struktur jaringan subcutaneous adipose dan diselubungi oleh matrik kolagen dan proteoglikan, tehnik kedokteran modern yang paling efektif untuk menghilangkan selulit adalah dengan menyedot lemak tersebut. Tentu saja hal ini membutuhkan biaya yang mahal.
            Selulit ternyata dapat diatasi dengan tehnik aromaterapi. Caranya, bagian yang terserang selulit, biasanya dibagian paha dan lengan atas, dibaluri dengan beberapa jenis minyak asiri tunggal atau campuran beberapa jenis minyak asiri sebagai berikut.
Formula 1
10 tetes minyak jeruk lemon                 8 tetes minyak adas manis
12 tetes minyak jeruk grapefruit             2 sdm minyak pembawa
Formula 2
0 tetes minyak selasih                          8 tetes minyak timi
12 tetes minyak grapefruit                       2 sdm minyak pembawa
 Pengunaan
            Balurkan campuran minyak asiri tersebut pada bagian yang terserang selulit. Pijatan lembut pada kulit akan sangat membantu efektifitas campuran minyak asiri tersebut.
  
Asma
            Asma adalah kondisi menyempitnya saluran udara pada tenggorokan sehingga sukar untuk menghirup udara. Keadaan ini akan menyebabkan kekejangan pada otot tenggorokan dan paru-paru. Keterbatasan ruang yang tersedia untuk keluar masuknya udara ke paru-paru menyebabkan timbulnya bunyi khas saat serang asma kambuh. Karena terjadi penyempitan dan aliran udara menurun maka lendir akan terbentuk di paru-paru sehingga penderita mengalami kesulitan dalam bernafas. Lendir tersebut juga merupakan tempat yang ideal untuk berkembangbiaknya bakteri sehingga batuk sering menyertai penyakit asma.
            Serangan asma umumnya disebabkan oleh bahan penyebab alergi seperti debu, spora jamur, tungau, atau bulu. Akan tetapi, serangan ini lebih sering disebabkan oleh udara dingin atau serangan infeksi seperti pilek. Stress dan kegelisahan juga sering menyebabkan kambuhnya serangan asma. Pada kasus asma ini dibutuhkan zat yang bersifat sebagai relaksasi otot sehingga dapat mengurangi penyempitan pada saluran udara di tenggorokan. Campuran minyak yang dapat diguanakn adalah sebagai berikut.
  Formula 1
16 tetes minyak lavender                                   3 tetes minyak kenanga
3 tetes peppermint                                           2 sdm minyak pembawa
3 tetes minyak ekaliptus
  Formula 2
10 tetes minyak lavender                                 3 tetes minyak kenanga
4 tetes minyak pepepmint                                5 tetes minyak pinus
3 tetes minyak kayu putih                                2 sdm minyak pembawa
  Penggunaan
            Campuran tersebut diatas dapat digunakan sebagai inhalat atau dioleskan pada hidung, leher, dan tengkuk.
 
     Bronkitis Akut
            Bronkitis terjadi akibat peradangan yang kronis pada lining mukosa pembuluh ditenggorokan yang merupakan saluran udara utama dari trakea ke paru-paru. Bronkitis akut sering kali diikuti kondisi demam yang biasanya muncul beberapa hari kemudian, disertai dengan batuk yang keras dan terasa sakit. Perkembangan bronchitis akut sering kali didahului dengan gejala infeksi saluran pernapasan atas, seperti pilek, kedinginan, demam ringan, sakit pada punggung dan otot, serta sakit tenggorkan. Pada awalnya terjadi batuk kering, tetapi karena paru-paru memperoduksi lendir sebagai respon terhadap infeksi maka batuk akan berlendir berfungsi sebagi lubrikan batang tenggorokan. Bronchitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi firus pada saluran pernafasan atas seperti pilek dan sakit tenggorokan kemudian menjalar ke paru-paru.
            Minyak asiri dari daun poko banyak mengandung senyawa mentol yang bersifat sebagai antiradang, terutama pada membran mukosa saluran pernapasan atas. Mentol juga bersifat sebagai anti microbe, perangsang sekresi lendir, dan juga bersifat sebagai anestetik sedang. Minyak asiri dari pinus paling baik untuk mengatasi masalah saluranpernapasan kerana memiliki aktifitas antimikrobe dan antivirus yang luar biasa. Namun, sejalan dengan perkembangan aromaterapi, beberapa jenis minyak asiri dapat dicampur dengan minyak pinus seperti formula berikut.
 Formula 1
0 tetes minyak pinus                            5 tetes minyak peppermint
10 tetes minyak ekaliptus                       5 tetes minyak daun poko
7 tetes minyak timi
  Penggunaan
           Teteskan 3-5 tetes campuran minyak asiri tersebut ke dalam mangkok yang berisi air panas, lalu hirup uap yang keluar selama 5-10 menit.Tutup mata selama menghirup uap tersebut agar mata tidak perih.
            Jika batuk yang terjadi masih dalam tahap batuk keringdan disertai demam, gunakan formula berikut ini.
  Formula 2
15 tetes tinktur kemenyan                     5 tetes minyak lavender
10 tetes minyak ekaliptus                       3 tetes minyak cendana
5 tetes minyak jeruk bergamot
  Penggunaan
Selain untuk inhalat, campuran formula tersebut dapat juga digunakan untuk pemijatan pada bagian dada dan tenggorokan.Untuk tujuan pemijatan, encerkan formula tersebut dengan 2 sendok makan minyak pembawa. Jika minyak kemenyan sulit ditemukan, dapat juga digunakan kemenyan dalam bentuk padatan dengan jumlah yang disesuaikan.
Minyak jeruk bergamot dan minyak ekaliptus sangat efektif untuk menurunkan demamserta menurunkan respon kekebalan tubuh terhadap infeksi.
Pada tahap akhir bronkitis akut, tindakan yang sangat penting adalah membersihkan semua lendir dari paru-paru. Untuk menghindari terjadinya komplikasi, gunakan formula berikut.
  Formula 3
2 tetes minyak selasih                         3 tetes minyak cendana
2 tetes minyak jeruk bergamot            5 tetes minyak timi
5 tetes minyak marjoram                      4 tetes minyak kemenyan
1 tetes minyak myrrh
  Penggunaan
            Cara penggunaan sama dengan penggunaan formula 2.
  
 Diabetes
           Diabetes atau penyakit kencing manis adalah kondisi gula darah berada dalam tingkat yang lebih tinggi daripada kondisi normal. Keadaan tersebut timbul karena tidak cukupnya jumlah insulin yang sangat dibutuhkan untuk meregulasi tingkat gula darah. Kelenjar pangkreas adalah yang bertanggung jawab terhadap produksi hormon insulin di dalam tubuh. Jika fungsi kelenjar ini terganggu dan tidak bekerja efisien maka produksi insulin rendah atau tidak diproduksi.
            Terdadat dua tipe diabetes. Tipe pertama adalah kondisi produksi insulin dalam tubuh sangat sedikit atau bahkan tidak diproduksi sama sekali. Sementara tipe kedua adalah jika tubuh telah memproduksi insulin, tetapi sewaktu-waktu tubuh kelebihan insulin, sehingga produksi insulin dibatalkan karena rendahnya kadar gula.
            Secara tradisional dikenal beberapa jenis tumbuhan aromatik yang berkasiat sebagai antidiabetes. Minyak asiri yang didistilasi dari tumbuhan aromatiktersebut dapat menurunkan gula darah dengan cara mendukung kerja kelenjar pangkreas untuk memproduksi insulin. Minyak adas manis dapat menurunkan kadar gula darah sampai di bawah level 200 mg/ml. Minyak ketumbar bahkan dapat menurunkan kadar gula darah sampai pada tahap tingkat yang normal. Minyak daun ambre juga telah terbukti dapat mengatasi masalah diabetes ini. Minyak asiri untuk mengatasi diabetes dapat digunakan secara terpisah atau dalam bentuk campuran seperti berikut.
Formula
10 tetes minyak ketumbar
6 tetes minyak adas manis
6 tetes minyak daun ambre
Penggunaan
            Celupkan cotton ball ke dalam campuran minyak tersebut, lalu letakkan di kamar tidur maka aromanya akan terhirup dan masuk ke dalam aliran darah selama tidur. Atau dapat juga dengan cara meneteskan 4-5 tetes campuran tersebut ke permukan tisu kemudian letakkan di tempat yang diperkirakan dapat menyebarkan aroma campurantersebut ke seluruh ruangan kamar tidur, misalnya dekat AC atau kipas angin. Jika ditujukan untuk minyak pijat, campuran tersebut harus diencerkan terlebih dahulu dengan satu sendok makan minyak pembawa.

 Eksem
            Eksem (dermatitis) adalah terjadinya peradangan pada permukaan kulit yang ditandai dengan vesicles, kemerahan, edema, berdarah, permukaan kulit mengeras dan kulit bersisik. Bagian yang terserang eksem biasanya terasa sangat gatal, terkelupas, menebal, terkadang berair yang biasanya terjadi pada lipatan sendi. Kebiasaan menggaruk bagian yang terserang dapat membuat kulit berdarah dan terinfeksi. Terdapat tipe lain dari eksem yang hanya menyerang bagian telapak tangan, kaki, dan telapak kaki.
            Walaupun berbeda untuk setiap orang, tetepi secara umum terdapat beberapa faktor yang dapat memperparah eksem, yaitu stress, panas dan makanan. Makanan merupakan faktor yang penting, terutama pada anak-anak. Terkadang susu atau susu kaleng dapat menjadi penyebab. Untuk mengatasi masalah eksem dapat dipilih beberapa minyak asiri untuk dibuat formula sebagai berikut.
Formula 1
15 tetes minyak daun ambre                  6 tetes minyak myrrh
8 tetes minyak jeruk bergamot               2 tetes minyak wortel
8 tetes minyak juniper                           2 sdm minyak pembawa
 Formula 2
40 tetes minyak lavender                       20 tetes minyak juniper
20 tetes minyak rosemary                     100 ml minyak bunga matahari
Penggunaan
            Oleskan campuran minyak tersebutpada bagian tubuh yang terserang eksem.
Flu dan Pilek
              Perubahan cuaca pada musim panas ke musim hujan atau sebaliknya dapat memperparah faktor penyebab lemahnya sistem kekebalan tubuh dan akhirnya dapat menimbulkan flu dan pilek. Gejala ini disebabkan oleh infeksi virus akut. Pilek sering kali membuat hidung tersumbat, tenggorokan gatal, bersin dan batuk. Terkadang disertai dengan sedikit demam dan penyumbatan sinus. Flu sering datang bersamaan dengan demam panas, sakit kepala, ngilu atau sakit pada otot, letih dan batuk-batuk sehingga membuat tidur tidak lelap. Untuk mengatasi digunakan formula sebagai berikut.
 Formula 1 (inhalat langsung/inhalat uap)
4 tetes minyak hyssop                          3 tetes minyak ekaliptus
3 tetes minyak rosemary                      3 tetes minyak lemon
3 tetes minyak peppermint
  Penggunaan
              Campuran minyak tersebut dapat langsung dihirup uapnya, atau sebanyak 3-4 tetes campuran minyak tersebut diteteskan ke dalam mangkok yang berisi air panas, lala uap air yang yang bercampur minyak asiritersebut dihirip dalam-dalam. Jika akan digunakan untuk minyak oles, encerkan campuran tersebut dengan menambahkan 2 sendok makan minyak pembawa.
 Formula 2 (minyak pijat)
4 tetes minyak ekaliptus                       4 tetes minyak rosemary
4 tetes minyak daun ambre                  1 sdm minyak pembawa
  Penggunaan
              Campuran minyak diatas dapat digunakan untuk pijatan pada bagian punggung dan dada (dapat dirujuk ke cara pemijatan Bab tiga halaman 15)
 Formula 3 (untuk mandi)
3 tetes minyak lavender
3 tetes minyak bergamot
2 tetes minyak tea tree (dapat diganti minyak kayu putih)
  Penggunaan
              Campuran minyak tersebut dapat digunakan untuk berendam dengan cara seperti Bab 3 halaman 20.
 Formula 4 (untuk dioles dan dihirup)
10 tetes minyak pinus                            5 tetes minyak jahe
10 tetes minyak kayu putih                     1 mg kemenyan
8 tetes minyak jeruk purut                    3 sdm minyak pembawa
5 tetes minyak jeruk nipis
 Penggunaan
            Oleskan campuran minyak tersebut di bagian leher, tengkuk atau hidung serta hirup aroma yang keluar dari campuran tersebut. Lakukan hal tersebut minimal tiga kali sehari.

 Hipertensi
              Terdapat dua tipe tekanan darah tinggi yaitu hipertensi primer atau esensial dan hipertensi sekunder.
1.      Kasus hipertensi primer lebih banyak disebabkan karena kebudayaan, terutama gaya hidup kebarat-baratan. Gaya hidup ini berperan dominan sebagai penyebab hipertensi seperti maknan, psikologi, dan faktor sosial.
2.      Hipertensi sekunder merupakan efek samping dari penyakit lain, seperti masalah ginjal endokrin atau penyakit pada otak. Pada hipertensi sekunder, tekanan drah jarang bisa kembali normal tanpa penyembuhan penyakit lain sebagai penyebabnya.
            Gejala hipertensi yang timbul biasanya bersamaan dengan pusing, wajah memerah, sakit kepala,kelelahan, hidung berdarah, dan salah tingkah. Perubahan yang tampak pada pembuluh darah retinal merupakan indicator pemeriksaan tingkat kerusakan tubuh oleh hipertensi. Diagnosis umum dilakukan dengan pengukuran sistolik dan distolik, tetapi hal ini tidaklah mutlak. Tingginya tekanan darah yang disebabkan oleh penyebab lain tidak termasuk golongan hipertensi. Untuk itu, seorang disebut mengalami hipertensi jika tekanan darahnnya lebih dari 140/90 mm Hg, tetapi ukuran tersebut tidak mutlak untuk semua orang, tergantung figure masing-masing orang.
            Minyak asiri jeruk neroli paling baik untuk mengatasi hipertensi. Namun, minyak lavender, marjoram, dan minyak kenanga jugadapat digunakan. Sebaiknya minyak tersebut dikombinasikan dengan minyak yang bersifat relaksasi seperti minyak chamomile, rose, dan jeruk bergamot dengan formula sebagai berikut.
  Formula
  4 tetes minyak lavender                       1 tetes minyak clary sage
2 tetes minyak kenanga                        1 tetes minyak pala
  Pengunaan
              Campurkan minyak tersebut dalam sebuah botol kecil (yang sesuai). Dalam penggunaannya, minyak ini tidak boleh diusap ke kulit, tetapi cukup dihirup aromanya yang keluar dari campurn tersebut. Lakukan hal ini 3 – 4 kali dalam sehari, masing-masing 1selama 10 menit. 

 Herpes
              Herpes (cacar) adalah penyakit yang timbul karena infeksi virus yang sering menyerang pria maupun wanita. Herpes simplex biasanya berkembang pada mulut atau alat vital. Tipe herpes lainnya yaitu herpes zoster akan menimbulkan rasa sakit dan disebabkan oleh infeksi virus cacar air. Kedua strain virus penyebab herpes terdapat pada sistem saraf setiap orang dalam keadaan tidak aktif dan sering diaktifkan dalam keadaan stress. Untuk itu mengatsi masalah ini dapat digunkan formula berikut.
  Formula
 4 tetes minyak Eucalyptus citriodara        2 tetes minyak tea tree
4 tetes minyak niaouli                              2 tetes minyak jeruk bergamot
1 tetes minyak daun ambre                      1 ons minyak pembawa
  Penggunaan
              Usapkan campuran formula tersebut pada bagian yang terinfeksi debanyak 2 – 3 kali sehari.

 Infeksi Virus
              Banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh terjadinya infeksi virus. Beberapa jenis asiri telah terkenal dapat mengatasi infeksi virus dengan berbagai penyakit yang ditimbulkannya. Serangkaian virus yang tidak diketahui jenisnya secara spesifik, dapat ditanggulangi dengan formula berikut.
  Formula
 10 tetes minyak akar wangi                 10 tetes minyak daun ambre
10 tetes minyak lavender                      2 sdm minyak pembawa
  Penggunaan
              Campuran minyak asiri ini dapat digunakan sebagai minyak untuk pijat.

 Infeksi Virus pada Alat Vital
              Kulit pada bagian alat vital disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) dan dapat menyerang pria maupun wanita. Pada tahap awal, kutil ini sulit dideteksi, tetapi akan berubah putih jika dioles dengan campuran alcohol dan air dengan perbandingan satu-satu. Untuk mengatasi masalah kulit pada alat vital ini dapat digunakan formula sebagai berikut.
  Formula
 5 tetes minyak thuja              ¼ ons minyak castor
10 tetes minyak tea tree         800 IU vitamin E (dalam bentuk minyak)
  Penggunaan
              Campuran minyak tersebut dapat menumbulkan rasa terbakar pada kulit. Oleh karena itu, gunakan minyak ini secara hati-hati pada kutil saja dan lindungi kulit disekelilingnya dengan salep. Lakukan pengobtan dengan cara meneteskan atau mengoleskan dengan kapas sebanyak 2 – 4 kali sehari. Kutil pada alat vital ini dapat menular kepada pasangan dan dapat menyebabkan timbulnya penyakit cervical dysplasia atau tidak normalnya pertumbuhan sel pada mulut rahim yang merupkan cikal bakal timbulnya kanker mulut rahim.
 Catatan : Vitamin E yang berujud minyak dapat diperoleh dengan membuka kapsul vitamin E yang banyak dijual di apotik. 

 Influensa
               Influensa adalah infeksi virus yang ditandai dengan timbulnya demam, selesma, batuk, sakit kepala, tidak enak badan, dan peradangan membran mukosa pada saluran pernapasan. Umumnya pilek yang disebabkan infeksi virus tak dikenal disebut dengan flu, sebagian ada juga yang menggolongkannya sebagai influenza. Namun, infeksi sekunder oleh bakteri menimbulkan influenza yang sebenarnya.
            Minyak asiri yang bersifat sebagai antivirus dan antibakteri akan sangat membantu mengatasi masalah influenza. Beberapa jenis minyak asiri seperti niaouli, oregano, sembung, timi, cengkih dan kayu manis jangan adalah jenis minyak asiri yang bersifat sebagai antivirus, sebagai antibakteri. Untuk mengatasi masalah influenza ini dapat digunakan formula berikut.
  Formula 1
 10 tetes minyak timi                         2 tetes minyak cengkeh
10 tetes minyak niaouli                     1 tetes minyak galbanum
5 tetes minyak oregano
  Formula 2
 10 tetes minyak timi                         5 tetes minyak kemangi hutan
5 tetes minyak sembung                    3 tetes minyak jeruk purut
5 tetes minyak jeruk kasturi               2 tetes minyak kayu manisjangan
 Penggunaan
            Tempatkan campuran tersebut dalam sebuah botol kecil yang bersih, lalu aduk sampai rata. Hirup aroma yang keluar dari campuran tersebut saat terserang influenza. Jika digunakan sebagai minyak pijat atau minyak oles, campuran tersebut harus diencerkan dengan 2 sendok makan minyak pembawa. Jika untuk mandi, campurkan 4 – 5 tetes formula tersebut ke dalam air mandi

Kelelahan
            Aktivitas tubuh mencapai kapasitas maksimum dapat menimbulkan kelelahan pada otot maupun mental. Untuk mengembalikan kesegaran tersebut diperlukan minyak asiri yang dapat melemaskan otot, menyegarkan pikiran, dan maningkatkan energi dalam tubuh. Untuk itu, gunakan formula berikut.
  Formula
10 tetes minyak lemon                      5 tetes minyak clary sage
15 tetes minyak lavender                   2 sdm minyak pembawa
  Penggunaan
            Campuran itu dibalurkan pada punggung dan kaki. Pijatan lembut pada punggung dan kaki akan membantu efektivitas campuran tersebut.

 Kulit Terbakar
            Dalam kegiatan sehari-hari, sering kali terjadi kecelakaan seperti tersiram air panas atau terbakar. Akibatnya kulit akan terasa panas dan sakit. Biasanya diikuti munculnya rona kemerahan pada kulit atau melepuh. Untuk kasus kulit terbakar, minyak lavender paling baik digunakan. Campuran lavender dengan helicrhysum seperti formula berikut ini juga sangat membantu.
  Formula
8 tetes minyak helichrysum
5 tetes minyak lavender
2 tetes gel lidah buaya
  Penggunaan
            Gunakan campuran tersebut pada bagian tubuh yang terbakar sebanyak 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

 Kutu Air
            Kutu air merupakan penyakit infeksi jamur yang ditandai dengan gatal-gatal, bersisik, dan kadang berbau di sela jari kaki. Kulit terkelupas, kemerahan dan infeksi bakteri merupakan gambaran yang kompleks dari kutu air. Penyebab utamanya adalah masalah kebersihan. Penggunaan sepatu atau sandal yang tidak bersih dan lembab atau basah merupakan faktor penyebab timbulnya kutu air. Hal ini ditunjang dengan lemahnya sistem kekebalan tubuh.
            Minyak asiri yang bersifat sebagai fungisida seperti minyak myrrh, tea tree, dan bawang putih adalah sangat efektif untuk mengatasi masalah kutu air. Kombinasi 5 tetes minyak lavender dengan 5 tetes minyak myrrh telah digunakan sejak lama di Inggris untuk masalah ini. Jika kulit terkelupas cukup dalam dan terasa sakit, gunakan minyak calendula sebagai minyak pembawa. Dapat juga dihunakan formula sebagai berikut.
  Formula
2 tetes minyak tea tree
1 tetes minyak cedarwood
1 tetes minyak cypress
  Penggunaan
            Campurkan minyak tersebut dengan sebaskom kecil air dan digunakan untuk merendam bagian tubuh yang terkena kutu air.

 Laringitis
            Laringitis adalah peradangan akut yang terjadi pada pangkal tenggorokan atau kotak suara. Biasanya laryngitis datang bersamaan dengan selesma atau penggunaan suara yang berlebihan. Penyakit ini ditandai dengan pembengkakan, suara menjadi parau, sakit, rasa kering pada tenggorokan, batuk, dan kehilangan kemampuan untuk bersuara. Laryngitis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang terbatas hanya pada bagian pangkal tenggorokan atau secara umum terjadi infeksi pada saluran pernapasan atas.
  Formula 1
3 tetes minyak cypress atau minyak bergamot
  Penggunaan
            Masukkan 3 tetes minyak cypress atau minyak jeruk bergamot ke dalam mangkok yang berisi air hangat, lalu gunakan untuk kumur-kumur. Ulangi kumur-kumur setiap satu jam sampai rasa tidak enak hilang.
  Formula 2
4 tetes minyak levender                      2 tetes minyak menyan arab
2 tetes minyak daun ambre                 1 tetes minyak adas manis
  Penggunaan
            Jika digunakan untuk kumur-kumur, campurkan minyak tersebut dengan segelas air (kira-kira 200 ml) dingin. Jika digunakan sebagai minyak oles, encerkan dengan satu sendok makan minyak pembawa lalu oleskanpada daerah jakun di leher.

 Menghilangkan Rasa Sakit
            Rasa sakit dapat timbul di mana saja di seluruh bagian tubuh yang memiliki saraf perasa. Rasa sakit yang timbul ini merupakan respon tubuh melalui saraf yang disebabkan oleh terjadinya kelainan pada bagian tersebut. Namun, jika penyebab tidak berhasil diketahui maka sebelum pergi ke dokter gunakan formula berikut.
  Formula 1
15 tetes minyak kamfor                     3 tetes minyak bunga cengkih
9 tetes minyak kayu manisjangan      1 sdm minyak pembawa
6 tetes minyak merica hitam
  Penggunaan
            Usapkan campuran minyak tersebut pada bagian tubuh yang terserang rasa sakit, usahakan disertai dengan pijatan lembut.
            Jika rasa sakit dibarengi dengan rasa pegal pada otot yang disebabkan karena asam laktat, gunakan formula berikut.
Formula 2 (untuk pijat atau mandi)
6 tetes minyak helchrysum                             3 tetes minyak chamomile
4 tetes minyak marjoram                                3 tetes minyak lavender
2 tetes minyak juniper                                    3 tetes minyak jahe
4 tetes minyak birch atau minyak gandapura    2 ons minyak pembawa
Penggunaan
Untuk pijatan dirujuk pada cara pijatan :
Untuk tujuan memijat, minyak Asiri dapat dilarutkan dalam minyak pembawa seperti evening premerose, minyak almond, minyak jojoba, atau minyak nabati lainnya. Sebaiknya jangan menggunakan baby oil karena minyak ini adalah banyak mineral dan tidak akan bisa masuk ke dalam kulit.
Minyak untuk pijat dapat dibuat dengan berbagai tingkat kepekatan dan maksimum hanya boleh digunakan pada tingkat kepekatan 3%. Jika 5 – 6 tetes minyak dilarutkan dalam 100 gr minyak pembawa akan diperoleh minyak dengan kadar 1 % : jika 10 – 12 tetes akan diperoleh minyak dengan kadar 2 % : dan jika 15 – 18 tetes diperoleh minyak dengan kadar 3%.
Ukuran satu tetes minyak Asiri sering kali muncul sebagai pertanyaan yang sangat mendasar untuk pedoman pengenceran
Patokan untuk mengkonversi ukuran pengenceran minyak Asiri.
10 tetes            = 1/10 sendok teh = + 1 ml
50 tetes            = 1/2 sendok teh = + 2,5 ml
100 tetes          = 1 sendok teh = + 5 ml
1 sendok teh = 1/3 sendok makan,
sedangkan untuk mandi :
Salah satu cara yang mudah dalam menggunakan minyak Asiri adalah dengan mencampurkan minyak Asiri dalam air yang akan digunakan untuk berendam. Namun, karena sifat minyak Asiri tidak dapat bercampur dengan air maka sebaiknya digunakan bath gel base untuk mendispresikan minyak Asiri dalam air untuk berendam.
Garam Epsom atau garam inggris (Magnesium Sulfat) akan memebentuk kerjasama yang baik dengan minyak Asiri jika digunakan pada air mandi. Garam inggris memeiliki efek alkalis terhadap tubuh yang akan memacu pembuangan sisa asam dari otot dan persendian. Caranya adalah dengan menambahkan 2 genggam penuh garam inggris bersama dengan 5 – 10 tetes minyak Asiri ke dalam 2 m3 air yang akan digunakan untuk berendam. Campuran itu diaduk terlebih dahulu sebelum digunakan untuk berendam.  
            Disamping sebagai penghilang rasa sakit, campuran minyak diatas sangat bermanfaat untuk mengatasi arthritis.

 Migrain
            Migrain disebabkan oleh kekejangan otot dinding pembuluh darah pada kepala dan kulit kepala. Sekitar 30% dari kasus serangan migrain didahului dengan efek penglihatan seperti mara berkunang, pancaran cahaya terlihat berzig-zag, beberapa bagian tubuh mati rasa, dan perubahan visualisasi penglihatan.
            Meskipun tergantung pada setiap individu, secara umum faktor penyebab migrain adalah sebagai berikut.
1.      Sensitif terhadap makanan, meliputi segala jenis makanan, tergantung tingkat sensitivitas setiap individu. Walaupun begitu yang umum sebagai pemicunya adalah keju, cokelat, telur, kacang tanah, tomat, jeruk, daging, kerang-kerangan, dan alcohol.
2.      Sters dan kelelahan
3.      Keracunan, tetapi bukan keracunan oleh bahan kimia dalam arti umu. Keracunan tubuh ini disebabkan oleh tubuh sendiri, seperti susah buang air besar dan gangguan fungsi hati.
4.      Perubahan tingkat hormon dalam tubuh yang memungkinkan untuk munculnya serangan. Hal ini berubungan dengan siklus menstruasi. Obat-obatan anti kehamilan yang mengandung estrogen juga dapat menjadi pemicu datanganya serangan migrain.
                        Minyak lavender untuk pijatan pada pelipis sangat membantu pada saat pertama kali datangnya serangan.

 Pegal
            Sehabis bekerja berat, berdiri terlalu lama atau duduk terlalu lama atau duduk terlalu lama dapat menimbulkan rasa pegal di bagian tertentu pada tubuh. Rasa pegal ini timbul karena terjadinya ketegangan pada jaringan otot sehingga menimbulkan rasa tidak enak dan bahkan timbul rasa ngilu. Untuk mengatasi hal tersebut dapat digunakan formula berikut.
Formula
10 tetes minyak lavender                       15 tetes minyak cypress
5 tetes minyak rosemary                        2 sdm minyak pembawa
Penggunaan
            Lakukan pijatan lembut pada bagian yang mengalami pegal-pegal dengan menggunakan campuran minyak tersebut. Campuran tersebut dapat membuat otot yang semula tegang menjadi lebih rileks
Psoriasis
            Psoriasis adalah penyakit kulit yang umum tanpa diketahui penyebabnya yang jelas. Walaupun penyakit ini tidak memandang usia, tetapi kebanyakan penderita berumur di bawah 20 tahun.
            Psoriasis umumnya berkembang secara lambat dengan cirri khas tanda pembatas yang jelas, umumnya tidak gatal, berwarna merah dan menebal, ditutupi oleh sisik yang keperakan dan gampng berdarah. Bagian tubuh yang biasa terserang penyakit ini adalah :
1)      bagian yang memiliki tonjolan seperti lutut dan bahu
2)      kulit kepala
3)      telinga bagian luar
4)      kuku, alis mata
5)      punggung, pantat (bokong), dan
6)      kulit pada lipatan seperti pada pusar.
 Untuk mengatasi psoriasis digunakan campuran minyak berikut.
 Formula
10 tetes minyak lavender                 2 tetes minyak cedarwood
10 tetes minyak jeruk bergamot       2 sdm minyak pembawa (sebaiknya
                                                      gunakan minyak lidah buaya,
                                                      alpokat atau jojoba)
5 tetes minyak geranium             
3 tetes minyak helycrisum
 Penggunaan
Oleskan campuran minyak tersebut 3 kali sehari pada bagian yang terjangkit psoriasis.

 Rematik
            Gangguan nonartikular rematik ditandai dengan rasa sakit dan kekakuan otot pada daerah penempatan urat dan jaringan penghubung atau sendi. Secara umum akan menimbulkan rasa tidak enak dan sakit pada otot di seluruh tubuh.
            Penggunaan minyak yang bersifat sebagai penghilang sakit seperti minyak merica hitam dan akan sangat membantu meredakan rasa nyeri. Kombinasi dengan minyak yang bersifatsebagai antiradang akan lebih terasa menfaatnya. Untuk itu gunakan campuran berikut.
 Formula
10 tetes minyak jahe         1 tetes minyak merica hitam
5 tetes minyak cemara      3 sdm minyak pembawa (Penggunaan minyak
5 tetes minyak seledri       gandapura 10% akan memberikan efek yang
2 tetes minyak pala           lebih bagus)
 Penggunaan
            Balurkan campuran minyak tersebut pada daerah yang terserang rematik. Pijatan lembut lebih meningkatkan efektivitas kerja campuran minyak tersebut.

 Salesma
            Salesma timbul akibat infeksi virus pada daerah pernapasan atas yang sering terjadi pada saat berada di daerah dengan udara dingin. Beberapa jenis virus penyebab pilek sangat mudah bermutasi. Jika membran mukosa pada bagian hidung dan tenggorokan meradang maka akan timbul infeksi. Infeksi sekunder oleh bakteri akan menimbulkan sinusitis, infeksi telinga, dan bronchitis yang lebih serius dari hanya sekedar pilek.
            Terdapat beberapa jenis minyak asiri yang dapat membantu mengurangi atau menghilangkan salesma atau pilek serta menghindarkan risiko infeksi sekunder oleh bakteri. Minyak lavender, peppermint, rosemary, ekaliptus, timi, dan tea tree adalah jenis minyak yang sangat bagus untuk msalah ini. Untuk itu dibuat campuran berikut
Formula
10 tetes minyak ekaliptus               2 tetes minyak peppermint
5 tetes minyak lavender                  3 tetes minyak timi
3 tetes minyak rosemary                6 tetes minyak tea tree
Penggunaan
            Masukkan sebanyak 3 – 4 tetes campuran minyak tersebut ke dalam mangkok berisi air panas, lalu hirup uapnya dalam-dalam selama 5 – 10 menit dengan mata tertutup. Lakukan hal ini sebanyak 2 – 3 kali sehari. Formula ini dapat meringankan hidung tersumbat dengan cara berangsur menghilangan salesma. Meminum vitamin C dosis tinggi selama terserang salesma akan membantu penyembuhan.

 Sinusitis
            Sinusitis adalah terjadinya peradangan pda empat rongga udara di tengkorak. Sinus memiliki hubungan dengan membran mukosa sehingga bila terjadi infeksi akan terbentuk lendir. Karena saluran udara dari hidung ke sinus sangat sempit maka saluran tersebut dengan cepat akan tertutup. Jika membran mukosa pada hidung membengkak selama mengalami flu atau radang selaput lendir maka infeksi akan terperangkap di dalam sinus. Sinusitis kronis dapat menyebabkan tersumbatnya satu atau lebih saluran udara dari sinus ke dihung sehingga menyebabkan rasa sakit di seputar wajah, pelipis, seputar mata, dan sakit kepala. Jika infeksi terjadi pada sinus maksillari yang terletak di bawah pipi maka hal ini akan menyebabkan sakit gigi.
            Menghirup uap asiri merupakan salah satu tehnik yang efektif untuk mengobati sinusitis. Formula berikut dapat digunakan untuk mengatasi sinusitis.
Formula 1
30 ml tinktur kemenyan                      5 tetes minyak lavender
2,5 ml minyak ekaliptus                     5 tetes minyak pinus
6 tetes minyak peppermint
Penggunaan
            Aduk campuran tersebut hingga rata kemudian simpan di dalam botol. Pada saat terserang sinusitis, campurkan 1 sendok makan formula tersebut dlam semangkok (500 ml) air panas. Tutup kepala dengan handuk lalu dekatkan wajah ke mangkok dan hirup uapnya dalam-dalam. Selama melakukan hal tersebut tutuplah mata agar mata tidak perih/teriritasi.
            Jika terlalu repot dengan formula tersebut hiruplah langsung uap dari campuran berikut.
Formula 2
10 tetes minyak pinus             5 tetes minyak peppermint
10 tetes minyak ekaliptus        5 tetes minyak timi
5 tetes minyak lavender
Penggunaan
            Tempatkan campuran minyak tersebut dalam sebuah botol. Hirup uap yang keluar dari botol jika terserang sinusitis. Jika digunakan sebagai minyak oles atau pijat, encerkan campuran tersebut dengan 2,5 sendok makan minyak pembawa.

 Radang Sendi
            Secara umum arthritis adalah pengelompokan sekitar 100 jenis penyakit yang menyebabkan peradangan pada jaringan penghubung (sendi) atau degenerasi tanpa peradangan pada jaringan tersebut. Secara sederhana disebut radang sendi, tetapi karena jaringan lainnya juga ikut diserang maka sering juga disebut dengan penyakit jaringan penghubung. Terkadang istilah rematik juga digunakan untuk penyakit ini, termasuk juga penyakit gout atau kelebihan asam urat.
            Dalam beberapa kasus, peradangan merupakan reaksi dari sistem peradangan tubuh dalam melawan serangan mokroorganisme. Namun reaksi perlawanan dari sistem pertahanan pada jaringan tubuh sering kali tanpa sebab yang jelas. Tubuh akan memberikan reaksiperlawanan yang sama terhadap diri sendiri disamping terhadap serangan mikroorganisme. Antibody akan beraksi dengan jaringan penghubung dan membran sinovial sehingga menyebabkan peradangan. Terjadinya peradangan pada jaringan penghubung ini bisa juga meliputi jaringan di sekitarnya sehingga menyebabkan sendi terasa sakit, kehilangan mobilitas, dan dapat menimbulkan depresi.
Formula
2 tetes minyak jeruk lemon           1 tetes minyak cengkih
2 tetes minyak lavender                1 sdm minyak pembawa
2 tetes minyak juniper
Penggunaan
            Celupkan cotton ball (bultan kapas) ke dalam campuran minyak tersebut, lalu hirup aromanya. Dapat juga diusapkan pada sendi yang terserang radang dan sebaiknya disertai dengan pijtan lembut.

 Sakit Kepala
            Sakit yang terjadi pada beberapa bagian di kepala tersebut dengan sakit kepala. Hampir tidak pernah dijumpai orang dewasa yang tidak pernah mengalami sakit kepala. Umumnya sakit kepala disebabkan oleh kelelahan, gangguan mental, atau alergi. Hanya sekitar 2% pengidap sakit kepala disebabkan oleh gangguan organic yang meliputi
1)      penyakit pada mata, telinga, hidung, tenggorokan, dan sinus,
2)      tumor otak
3)      hipertensi
4)      pembengkakan pembuluh darah.
            Jaringan otak itu sendiri tidak sensitive terhadap rasa sakit. Sakit kepala juga disebabkan oleh perangsangan membran linings, yaitu bagian yang menerima rasa sakit dan saraf kranium di atas leher yang dapat mengakibatkan peradangan. Perangsangan disebabkan oleh karena terjadinya pelebaran yang tidak normal padapembuluh darah di kepala atau disebabkan oleh kekejangan yang terjadi pada otot leher dan kepala.
            Minyak asiri yang efektif untuk menghilangkan sakit kepala adalah minyak lavender, minyak rosemary, dan minyak peppermint yang dapat digunakan dalam bentuk tunggal maupuncampuran. Minyak lavender dapat diusapkan di pelipis atau dibuat sebagai kompres yang ditempelkan di kening atau di tengkuk. Efek yang lebih baik dan cepat terasa apabila minyak lavender ini dicampur dengan minyak peppermint. Minyak lavender bersifat sebagai sedatif, sedangkan minyak peppermint bersifat sebagai perangsang.
            Jika sakit kepala disebabkan oleh peradangan pada selaput lendir atau infeksi sinus, inhalat minyak lavender, peppermint, rosemary, atau minyak ekaliptus akan sangat efektif untuk menghilangkan sakit kepala dan memberikan saluran pernapasan karena minyak asiri tersebut juga berfungsi sebagai antiseptik yang akan melawan infeksi pada rongga hidung. Selain itu, dapat juga digunakan formula berikut.
Formula 1
15 tetes minyak lavender               3 tetes minyak teh kembang
9 tetes minyak peppermint             1 sdm minyak pembawa
Penggunaan
            Campuran minyak ini dapat digunakan sebagai inhalat ataudiusapkan pada kening atau pelipis.
            Untuk menghilangkan sakit kepala juga dapat dilakukan dengan pijatan yang menggunakan campuran berikut.
Formula 2
10 tetes minyak lavender           10 tetes minyak daun ambre
10 tetes minyak chamomile        2 sdm minyak pembawa
Penggunaan
            Campuran tersebut dapat digunakan untuk memijat bagian-bagian tubuh seperti punggung, dada dan kening. 

 Tonik Penyegar Badan dan Pikiran
              Dalam kehidupan sehari-hari, kelelahan sering terjadi sebagai akibat banyaknya dan beratnya pekerjaan atau hal lainnya. Untuk mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh gunakan formula berikut.
Formula 1
10 tetes minyak selasih                     5 tetes minyak sereh
15 tetes minyak lavender                    2 sdm minyak pembawa
Formula 2
10 tetes minyak rosemary                  5 tetes minyak timi
15 tetes minyak jeruk orange              2 sdm minyak pembawa
Penggunaan
            Kedua jenis campuran tersebut dapat digunakan sebagai minyak pijat. Selain untuk menyegarkan tubuh, kedua campuran itu bermanfaat juga untuk menyegarkan pikiran.


 Tonik Sistem Kekebalan
            Beberapa jenis bahan alami dapat meningkatkan resistensi tubuh terhadap penyakit dengan cara meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi mikroorganisme. Minyak lavender, lemon, bergamot, timi, chamomile, pinus, cendana, myrrh, dan akar wangi dapat merangsang produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Cara terbaik untuk melawan serangan penyakit adalah dengan menjaga agar tubuh tetap sehat. Berikut adalah formulayang dapat digunakan untuk membantu membangun kekebalan tubuh secara alami.
Formula
3 tetes minyak lavender                   2 tetes minyak ekaliptus
3 tetes minyak tea tree                    1 ons minyak pembawa (sebaiknya
                                                       gunakan minyak calendula)
2 tetes minyak jeruk bergamot        
2 tetes minyak ravensare
Penggunaan
            Gunakan formula tersebut sebagai campuran air mandi setiap hari. Formulaini juga dapat digunakan untuk mengatasi flu dan pilek.

 Tonik Sistem Kelenjar
            Sistem kelenjar dalam tubuh meliputi kelenjar pituatari, tiroid, paratiroid, pancreas, adrnal, pineal, dan kelenjar gonad (indung telur dan testis). Kelenjar endokrin bertugas mensekresikan atau menghilangkan hormon secara langsung pada aliran darah. Bagian reseptor pada setiap hormon yang berbeda di dalam setiap sel akan memicu terjadinya perubahan atau reaksi di dalam metabolisme sel.
            Kelelahan adalah keluhan yang paling banyak ditemui akibat terlalu beratnya kerja kelenjar adrenal.problem dalam pekerjaan maupun keluarga yang mempengaruhi mental dan emosi, polusi suara, dan stress pada kehidupan sehari-hari yang sibuk juga berkontribusi terhadap beban kerja kelenjar adrenal. Begitu juga dengan minum kopi atau minuman yang megandung kafein.
            Minyak pinus dan minyak spruce sangan membantu menyegarkan kelenjar adrenal. Untukmendukung kerja kelenjar adrenal, gunakan formula berikut.
Formula
4 tetes minyak pinus                      2 tetes minyak rosemary
4 tetes minyak spruce                    1 ons minyak pembawa
2 tetes minyak lavender
Penggunaan
            Campuran ini dapat digunakan sebagai minyak pijat atau vcampuran untuk air mandi. Usahakan meluangkan cukup waktu untuk bersantai.

 Varises
            Varises adalah problem umum yang menyerang sekitar 10 – 20 % populasi manusia di bumi. Problem ini akan meningkat sejalan dengan bertambahnya umur, terutama bagi orang yang telah berumur di atas 50 tahun. Jumlah wanita yang diserang varises empat kali lebih banyak dibandingkan pria. Penyebab utamanya adalah terganggunya aliran darah pada pembuluh darah balik, terutama pada kaki yang timbul karena tidak kompetennya kerja katup jantung. Hal ini akan mengakibatkan pelebaran pembuluh darah balik dan menyebabkan jaringan menjadi tidak sehat. Pembengkakan yang tidak normal pada pembuluh darah balikdi kaki merupakan gejala yang umum muncul jika sistem sirkulasi darah tidak baik atau karena hilangnya elastisitas dinding pembuluh darah balik, terutama katup jantung. Jika berfungsi secara normal, katup akan mencegah aliran balik darah jantung. Namun, karena efisiensi katup berkurng maka sebagian darah akan tertinggal pada pembuluh darah balik sehingga terjadi pembengkakan dan simpul yang menyebabkan sakit dan kelelahan pada kaki.
            Beberapa faktor penyebab timbulnya varises dapat dikelompokkan dalam dua kategori.
1.      Penurunan daya dukung dinding darah balik sebagai akibat dari beberapa faktor berikut.
a.       Keturunan : sekitar 40 % kasus varises disebabkan oleh faktor keturunan
b.      Kegemukan : jaringan lemak yang terbentuk pada kaki memberikan dukungan yang tidak cukup dan menyebabkan berkurangnya kesehatan
c.       Umur : proses penuaan menyebabkan perubahan degeneratif pada pendukung jaringan penghubung dan berkurangnya aktivitas otot
d.      Postur : pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu untuk berdiri ataupun duduk akan menghilangkan peluang terjadinya varises.
2.      Peningkatan resistensi terhadap kelancaran aliran darah balik ke tempatnya sebagai akibat dari beberapa faktor berikut.
a.       Hamil : perkembangan bayi dalam rahim akan menyebabkan terjadinya halangan pada pembuluh darah balik
b.      Trombosis : yaituproses penggumpalan trombosit yang mengakibatkan terjadinya penymbatan pada pembuluh darah.
c.       Tumor : pembengkakan tumor akan berakibat pada terjadinya penekanan pada pembuluh darah sehingga terjadi penyempitan.
d.      Pakaian : pakaian, terutama celana yang sempit, akan melemahkan jaringan.
                  Minyak cypress menunjukkan reputasi yang bagus untuk memperkuat pembuluh darah balik di kaki. Minyak ini dapat digunakan sebagai minyak gosok pada bagian yang terserang varises atau dapat dalam bentuk krim dengan kandungan minyak cypress sebesar 3%. Penggunaan minyak cypress dapat dibantu dengan melakukan di sebelah atas bagian yang terkena varises. Jangan sekali-kali melakukan pijatan di bawah bagian varises Karen akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang dapat memeprparah keadaan. Dalam bentuk campuran, minyak cypress dapat dipadukan dengan minyak lain sebagai berikut.
Formula 1
15 tetes minyak cypress             5 tetes minyak bergamot
10 tetes minyak lavender             1 sdm minyak pembawa
Formula 2
6 tetes minyak cypress               2 tetes minyak kemenyan arab
3 tetes minyak myrtle                  1 ons minyak St. John’s wort
3 tetes minyak teh kembang
Penggunaan
            Cara penggunaan sama dengan cara penggunaan minyak cypress tunggal. Jika minyak arab tidak ada dapat diganti dengan tinktur kemenyan.