Kami bergerak di bidang kerjasama dan jual-beli berbagai macam bibit minyak wangi, baik yang import maupun yang lokal, yang biasa di gunakan sebagai sarana pengharum, asma', hikmah dan mistik

Senin, 21 Mei 2012

Aroma Terapi Untuk Problem Kewanitaan

Diantara masalah yang paling umum dihadapi wanita adalah sistem reproduksi, yaitu berupa sindroma sebelum haid, kejang haid, atau infeksi mikroorganisme pada bagian alat reproduksi.

Keputihan
            Banyak wanita yang pernah terserang infeksi jamur (keputihan) pada bagian alat reproduksinya. Minyak chamomile, lavender, jeruk bergamot, dan tea tree dapat dugunakan untuk menghalangi perkembangan jamur Candida sebesar 70%. Infeksi jamur ini dapat menular dari pasangan sehingga perlu dilakukan perawatan terhadap keduanya.
            Salah satu cara sederhana untuk mengatasi masalah infeksi jamur adalah dengan penyemprotan. Walaupun begitu, campuran minyak asiri dapat juga dibalurkan di bagian perut atau dicampurkan dalam air mandi. Berikut ini formula yang dapat diterapkan untuk menghilangkan infeksi jamur pada alat reproduksi.
Formula 1
1 tetes minyak timi                               2 tetes minyak tea tree
1 tetes minyak chamomile                    2 tetes minyak jeruk bergamot
1 tetes minyak lavender                        1 tetes minyak daun ambre
32 sdm (450ml) minyak pembawa
Formula 2
4 tetes minyak lavender
4 tetes minyak tea tree
32 sdm (450 ml) minyak pembawa
Penggunaan
            Semprotkan campuran minyak tersebut sebanyak dua kali sehari. Jika minyak tea tree  tidak ada dapat diganti dengan minyak kayu putih.

Infertilitas
            Banyak faktor penyebab infertilitas. Salah satunya adalah ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang tidak memungkinkan terjadinya ovulasi. Faktor penyebabnya antara lain stress dan depresi yang berkepanjangan yang berakibat pada menurunnya kualitas hidup. Keadaan stress yang berkepanjangan dapat memicu rendahnya kadar hormon reproduksi dan progesterone. Minyak daun ambre dapat mengembalikan keseimbangan hormon reproduksi. Suatu penelitian memperlihatkan bahwa seorang wanita dengan kadar hormon progesterone 17 mg (normalnya 20 – 100 mg) dapat ditingkatkan menjadi 110 mg setelah menggunakan minyak tersebut selama tiga bulan.

Frigiditas
            Frigiditas atau hilangnya gairah seksual pada wanita banyak dialami oleh para wanita yang sudah melewati masa menapouse. Walaupun begitu, wanita usia muda juga banyak yang terjangkit masalah ini. Namun, penyebab timbulnya frigiditas pada wanita yang telah menapouse dengan wanita usia muda mungkin tidak sama. Akan tetapi, wanita yang dihinggapi frigiditas pasti mengalami ketidakseimbangan hormon di dalam tubuhnya.
            Dalam aromaterapi dikenal beberapa jenis minyak asiri yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuhdan sekaligus berfungsi sebagai aprodisiak seperti minyak jasmin, rose, adas, ketumbar, dan pinus. Namun, penerapan aromaterapi untuk masalah gairah seksual ini juga berkaitan erat dengan respon seseorang terhadap aroma minyak yang digunakan. Jika aroma minyak asiri yang digunakan tidak disukai biasanya tidak akan memberikan respon apapun.
            Selain dalam bentuk tunggal, campuran beberapa jenis minyak asiri berikut dapat digunakan.
Formula 1
10 tetes minyak jasmin
10 tetes minyak jahe
Penggunaan
Gunakan campuran kedua minyak tersebut dalam air mandi, jika tidak ada respondalam beebrapa minggu, gunakan formula 2.
Formula 2
15 tetes minyak cendana
8 tetes minyak angelica
6 tetes minyak clary sage
Penggunaan
            Gunakan campuran minyak tersebut dalam air mandi (untuk berendam) dan dipadukan dengan campuran minyak untuk pijat dengan formula berikut.
Formula 3
15 tetes minyak kenanga            2 tetes minyak pala
7 tetes minyak ketumbar            2 sdm minyak pembawa
Penggunaan
            Jika usaha yang dilakukan belum juga memberikan hasil, gunkan campuran formula 4 atau formula 5.
Formula 4
10 tetes minyak jasmin
10 tetes minyak kenanga
10 tetes minyak clary sage
Formula 5
10 tetes minyak cendana             10 tetes minyak jasmin
10 tetes minyak kenanga             10 tetes minyak bunga rose
Penggunaan
            Setetes campiran minyak tersebut dicampur dengan 40 – 50 ml air matang dingin kemudian diaduk lalu disemprotkan sekali ke bagian vagina selama sepuluh hari berturut-turut. Jika usaha tersebut memberikan hasil, lanjutkan frekuensi dua kali sebulan.

Sindroma Sebelum Haid dan Kejang Saat Haid
            Prostaglandin adalah hormon penyebab timbulnya sindroma sebelum datang bulan (premenstrual syndrome, PMS) dan kejang saat haid. Prostaglandin atau PG2 merupakan substansi yang bertanggung jawab terhadap timbulnya sakit kepala, sakit pada sendi dan retensi air atau penumpukan air pada jaringan tubuh serta memeberikan konstribusi yang berarti terhadap kemurungan, sifat lekas marah, ketagihan alcohol, dan semua symptom PMS. Jahe, kayu manisjangan, cengkih, timi, dan bawang putih dapat menurunkan produksi PG2. bahan ini dimakan langsung.
            Untuk menghilangkan kejang haid digunakan minyak chamomile, lavender, marjoram, dan minyak melisa. Untuk kasus PMS yang disertai depresi diguankan minyak sage, minyak jeruk neroli, jasmin, dan kenanga. Jika mengalami retensi air dapat diguankan minyak jeruk grapefruit, biji wortel, dan minyak juniper.
            Semua jenis minyak asiri tersebut dapat digunakan dalam bentuk minyak pijat atau untuk campuran air mandi, kecuali minyak bawang putih. Jika selama mengalami symptom PMS dibarengi dengan datangnya sakit kepala, coblah hirup uap minyak lavender, marjoram dan melisa. Untuk memperoleh hasil yang lebih memuaskan dari penggunaan formula untuk PMS ini, gunakanlah beberapa hari sebelum datangnya haid.
            Untuk masalah yang berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon, peliharalah hati dengan minyak biji wortel, rosemary, helichrysum dan minyak rose. Jika terasa haid kurang lancar gunakanlah minyak clary sage. Kebanyakan kondisi wanita dapat memperoleh manfaat dari penggunaan bahan peneyimbang seperti minyak lavender, daun ambre, dan minyak rose.
            Jika lebih tertarik menggunakan minyak campuran, gunakanlah formula berikut.
Formula 1 (untuk sindrom sebelum haid)
15 tetes minyak daun ambre            6 tetes minyak kenanga
9 tetes minyak clary sage                1 sdm minyak pembawa
Penggunaan
            Balurkan secukupnya minyak ini pada perut bagian bawah beberapa hari sebelum datangnya haid sampai berakhirnya haid.
Formula 2 (untuk kejang haid)
4 tetes minyak lavender                        3 tetes minyak daun ambre
2 tetes minyak marjoram                      1 tetes minyak jahe
2 tetes minyak chamomile                    1 ons minyak pembawa
   atau clary sage
Penggunaan
            Balurkanlah campuran minyak tersebut pada perut bagian bawah jika kejang haid datang menyerang.